Rabu, 12 Juni 2013

TUTORIAL GEOGEBRA: CARA MENGGAMBAR LAYANG-LAYANG BESERTA UKURAN SUDUT DAN LUASNYA


LANGKAH-LANGKAH MENGGAMBAR LAYANG-LAYANG BESERTA UKURAN SUDUT DAN LUASNYA

1.      Pada Toolbar, silakan klik Lingkaran Dengan Pusat Melalui Titik kemudian pilih Lingkaran Dengan Pusat Melalui Titik, sedangkan pada Tampilan Grafik, buatlah sebuah lingkaran sembarang.
2.      Pada Toolbar, silakan klik Titik Baru kemudian pilih Titik Baru sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik tempat sembarang untuk menentukan titik ketiga.
3.      Pada Toolbar, silakan klik Garis Yang Melalui Dua Titik kemudian pilih Ruas Garis Di Antara Dua Titik sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik A dan titik C.
4.      Pada Toolbar, silakan klik Refleksi Objek Pada Garis kemudian pilih Refleksi Objek Pada Garis sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik titik B kemudian klik ruas garis AC.
5.      Pada Toolbar, silakan klik Garis Yang Melalui Dua Titik kemudian pilih Ruas Garis Di Antara Dua Titik sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik titik B kemudian titik B.
6.      Pada Toolbar, silakan klik Poligon kemudian pilih Poligon sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik titik A, titik B, titik C, titik B’ kemudian titik A lagi.
7.      Pada Tampilan Grafik, Sembunyikan lingkaran dengan cara klik kanan pada gambar lingkaran kemudian klik tampilkan objek, serta ganti titik B’ menjadi titik D dengan cara klik kanan titik B’ kemudian namai ulang titik B’ diganti D klik OK.
8.      Untuk mengetahui ukuran sudut-sudut layang-layang yang kita buat, Pada Toolbar klik Sudut kemudian pilih Sudut. Kemudian pada Tampilan Grafik
Menentukan besar sudut A silakan klik Ruas garis AB kemudian AD
Menentukan besar sudut B silakan klik Ruas garis BC kemudian AB
Menentukan besar sudut C silakan klik Ruas garis CD kemudian BC
Menentukan besar sudut D silakan klik Ruas garis AD kemudian CD
9.      Untuk menampilkan Layang-Layang, Pada Toolbar, silakan klik Sudut kemudian pilih Luas sedangkan pada Tampilan Grafik, silakan klik  gambar layang-layang.


10.    Selesai.



Selamat Mencoba!

Hasilnya silakan download  disini

Jangan Lupa di Like Ya!

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar: