Kamis, 11 April 2013

CARA MENCARI NILAI RATA-RATA SUATU DATA






Mencari Nilai Rata-Rata suatu data seringkali diperlukan dalam mengolah 
data tersebut. Contohnya sebagai seorang Guru, dalam pengisian rapor, 
nilai rata-rata  sangat penting sekali untuk dicantumkan. Microsoft Excel 
menyediakan fasilitas untuk menghitung nilai rata-rata tersebut. 


Misalkan datanya seperti tabel di atas.
Langkah-langkah mencari jumlah nilai data tersebut:
1.    Arahkan kursor ke cell yang ingin dicari nilai rata-ratanya
2.   Silakan ketik
Rata-Rata SEM 1 (C17) ketik    =AVERAGE(C4:C13)
Rata-Rata SEM 2 (D17) ketik   =AVERAGE(D4:D13)
Rata-Rata SEM 3 (E17) ketik   =AVERAGE(E4:E13)
Rata-Rata SEM 4 (F17) ketik   =AVERAGE(F4:F13)
Rata-Rata SEM 5 (G17) ketik   =AVERAGE(G4:G13)

Rata-Rata Pend Agama (H4) ketik   =AVERAGE(C4:G4)
Rata-Rata PKn (H5) ketik                =AVERAGE(C5:G5)
Rata-Rata Tinkom (H13) ketik        =AVERAGE(C13:G13)

Tips:
Jika sudah mengetik sebuah rumus, Copy Paste rumus tersebut di cell 
yang diinginkan.

3.   Jika sudah selesai maka tabelnya akan seperti berikut ini


Selamat Mencoba

Jangan Lupa di Like ya!

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar